Jumat, Juni 12, 2009

Kerja Lembur untuk Produksi Prius Lebih Banyak

Pemesanan Toyota Prius generasi terbaru terus meningkat hingga dua pabriknya harus lembur. Hanya tiga minggu setelah diluncurkan di Jepang, permintaan sudah mencapai 140.000 unit seperti dilaporkan situs Automotive News.

Dua pabrik Prius di Jepang harus bekerja lembur untuk memproduksi lebih banyak Prius generasi ketiga ini. Kini Toyota harus bisa membuat 50.000 unit per bulan di kedua pabrik itu. Ini berarti 50% lebih banyak dari target penjualan Toyota. Saat ini pemesan Prius harus menunggu lebih dari 5 bulan sebelum mobil impiannya tiba di garasi rumahnya.

Toyota Prius diluncurkan di Jepang Senin 18 Mei. Hanya dalam dua minggu tersisa, Prius terjual 10.915 unit dan melesat menjadi mobil paling laris di Jepang. Sementara Honda Insight berada di posisi kedua dengan penjualan 8.183 unit, seperti dirilis Japan Automobile Dealers Association, Sebelumnya Honda Insight menjadi model terlaris di Jepang pada April 2009.

Di USA, penjualan Prius mencapai 10.091 atau lebih dari tiga kali lipat Honda Insight yang mencata penjualan 2.780 unit seperti dicatat Autodata.

Dengan peforma penjualan yang menjanjikan seperti itu, Toyota Prius berpeluang untuk melesat lebih jauh dari Honda Insight dan kompetitor lainnya. Hingga akhir tahun 2008, penjualan kumulatif Prius sejak 1997 sudah lebih dari 1,3 juta unit di seluruh dunia. Selain Prius, Toyota juga memproduksi beragam mobil hybrid lainnya seperti Toyota Estima Hybrid, Toyota Crown, Toyota Alphard, Highlander dan Camry. Ditambah tiga model hybrid Lexus, yaitu Lexus RX400h, GS450h dan LS600h, total penjualan mencapai 1,7 juta unit. Sebagai pembanding, penjualan mobil hybrid dari merek lain di seluruh dunia mencapai 400.000-an unit.

Berbeda dengan teknologi hybrid lainnya, teknologi Prius memiliki banyak kelebihan. Salah satu yang mencolok adalah kemampuan untuk start dengan EV mode, atau hanya bergerak dengan motor listrik saja, tanpa menghidupkan mesin bensin. Teknologi hybrid lainya tidak bisa.

Pada generasi ketiga ini juga dilengkapi dengan solar cell yang memanen energi listrik dari sinar matahari. energi listrik ini dipakai untuk menggerakan sistem sirkulasi udara kabin mobil sehingga suhu kabin tetap rendah meskipun mobil di parkir di bawah terik matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar