Jumat, April 03, 2009

Prius Akan Jadi Mobil Utama Keluarga

Toyota Motor Corp. merasa Prius tidak lama lagi akan menjadi mobil utama keluarga di USA, bukan lagi mobil kedua atau ketiga.

Meskipun penjualan Prius melesat melampaui ekspektasi, namun riset menunjukkan kebanyakan konsumen Prius membelinya sebagai mobil kedua keluarga mereka. Kebanyakan dari mereka memakainya untuk perjalanan pulang pergi ke tempat kerja dan lainnya untuk melakukan perjalanan di perkotaan. Kini Toyota yakin hal itu akan berubah.

Konsumen generasi pertama dianggap sebagai kelompok yang mementingkan teknologi canggih (techies) dan aktifis konservasi lingkungan hidup. Konsumen new Prius bukan kelompok seperti ini. Toyota berharap bisa menarik minat kelompok konsumen yang lebih luas dan lebih banyak dan sudah mengantisipasi Prius akan menjadi mobil utama setiap keluarga.

“Kami tahu betapa pentingnya Prius, tapi tidak ada satupun di antara kami yang bisa memprediksi seberapa cepat konsumen bisa menerima mobil ini dan teknologinya. Generasi kedua Prius sukses besar dan kami berhasil masuk ke dalam kelompok mobil utama keluarga, tapi umumnya sebagai mobil kedua. Dengan Prius terbaru, kami memiliki peluang untuk menjadi mobil utama sebuah keluarga,” tutur Bob Carter, Toyota group vice president sekaligus general manager.

Prius generasi ketiga menawarkan ruang interior yang lebih besar dari pendahulunya. Kini setara dengan sedan keluarga. Sementara efisiensi bahan bakarnya justru lebih baik yaitu 50 mpg (berdasarkan pengujian Environmental Protection Agency). Carter menegaskan, “Prius akan jadi mobil produksi massal dengan efisiensi bahan bakar terbaik yang ada di jalan saat ini.”