Sabtu, Februari 21, 2009



Toyota Uji Intelligent Transport Systems

Tokyo – Membayangkan lalu-lintas yang tertib, aman dan bebas dari kecelakaan, tentu harapan semua orang. Pada 25-28 Februari nanti, Toyota Motor Corporation (TMC) akan menguji sistem transportasi mandiri super canggih atau disebut Intelligent Transport Systems (ITS) di jalanan Tokyo, Jepang.

Dalam uji ITS, Toyota akan menggunakan tujuh unit kendaraan yang masing-masing mampu berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan kondisi di ruas-ruas jalan hingga marka dan rambu jalan. Maksud dari demo ini adalah demi mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Dari tujuh unit mobil yang digunakan untuk demo, lima unit memakai Lexus LS460 dan sisanya adalah Toyota Crown Hybrid. Seluruh mobil canggih ini akan mendemonstrasikan sistem Radar Cruise Control dengan All-speed Tracking
and Intelligent Parking Assist. Mobil-mobil ini secara terpadu akan menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan kondisi lingkungannya.

Misalnya jika lampu lalu-lintas masih merah, maka mobil yang telah dilengkapi sistem ITS akan memberikan alarm peringatan kepada pengemudinya untuk menunggu dan jangan menginjak pedal gas, karena mobil pun tak akan bisa berjalan. Bahkan kalaupun lampu lalu lintas hijau saat di tikungan, sementara masih ada orang yang masih menyeberang jalan, secara otomatis mobil kembali memberikan peringatan waspada kepada pengemudi.

Demikian pula ketika di depan masih ada kendaraan lain, maka dengan sistem ITS, mobil dengan sendirinya akan mampu memperhitungkan jarak yang aman yang bisa dijadikan panduan pengemudi supaya terhindar dari tabrakan. Rencana ke depannya, mulai 2010 atau Maret 2011 nanti, di jalanan Jepang diharapkan telah mengaplikasikan sistem transportasi terpadu ini. (*)

sumber: Toyota Astra Motor