Jumat, Februari 06, 2009



Sequoia Sapa Timur Tengah

Toyota meluncurkan SUV Toyota Sequoia di Uni Emirat Arab, Rabu (4/2), menyusul peluncuran di Qatar awal pekan ini, demikian dilaporkan Khaleej Times Online Kamis (5/2).

Distributor Toyota di Uni Emirat Arab, Al Futtaim Motors meluncurkan SUV berukuran besar di Dubai. Mereka optimis, meskipun kondisi ekonomi global terpuruk, pasar untuk kendaraan baru, khususnya SUV masih ada. Tahun lalu pasar SUV di negara itu tumbuh 25%.

Menurut Simon Frith, Managing Director, Al Futtaim Motors, peluncuran Sequoia akan makin memperkuat kepemimpinan Toyota di segmen SUV besar. “Ini model pertama dari serangkaian model baru yang akan diluncurkan tahun ini,” katanya.

Motoharu Araya, chief engineer dari Toyota Vehicle Development Center di Jepang menjelaskan bahwa dia dan timnya melakukan riset mendalam dan luas di pasar USA dan Timur Tengah tentang apa saja yang dibutuhkan pemilik SUV, sebelum mengembangkan Sequoia baru. Dari riset itu terlihat ada kelompok besar dan terus tumbuh pemilik SUV dengan anggota keluarga besar. Untuk memenuhi tuntutan kendaraan bisa mengakomodasi 8 penumpang, Sequoia hadir dengan dimensi interior paling panjang dan paling lebar dikelasnya. Namun Toyota tetap membuatnya sebagai mobil yang responsive dan mudah dikendalikan.

Sequoia memiliki rem cakram berukuran 18 inch, ABS, Vehicle Stability Contol dan Traction Control yang bekerja sama menjaga mobil tetap aman. Sequoia juga dilengkapi dengan 3-zone air-conditioning dan sistem audio yang memanjakan seluruh penumpang.

Mesin 5.7 liter V8 mampu memproduksi daya maksimal 381 hp pada 5600 rpm dan dipasangkan dengan gearbox baru, 6-speed Sequential Shiftmatic.

Nama Sequoia diambil dari salah satu jenis pohon terbesar di dunia yang merefleksikan ukuran, kekuatan, daya tahan dan kehadirannya yang luarbiasa
sumber: Toyota Astra motor