Jumat, Desember 19, 2008

Toyota Corolla Altis 2.0 - Rajanya Corolla - Autobild, 16 Desember 2008

Release Date

:

Selasa, 16 Desember 2008

Media

:

Autobild, at page 54, size 600 mmk

Author/Journalist

:

Aditya P Siregar

Honda Civic dan Mitsubishi Lancer EX hadir dengan mesin 2.000 cc. Bahkan, Ford Focus yang akan hadir tahun depan juga menawarkan varian 2.000 cc. Lantas, bagaimana dengan nasib Toyota Corolla Altis yang hanya menawarkan mesin 1.800 cc? Akankah andalan Toyota ini harus pasrah diasapi rival-rivalnya?

Tentu tidak, karena PT Toyota-Astra Motor telah menyiapkan senjata pamungkas dalam wujud Corolla Altis 2.0. Sayangnya, detail seputar the ultimate Corolla ini masih samar-samar. Bahkan, versi ini juga belum tersedia di belahan dunia manapun!

Untung saja kepingan teka-teki mulai bermunculan. Dari informasi yang kami dapatkan, Altis baru ini akan dilengkapi mesin 2.000 cc dengan teknologi dual VVT-i. Ini berarti bisa jadi Altis 2.0 dipersentai mesin dari keluarga ZR, entah itu 3ZR-FE atau 3ZR-FAE dengan ren-tang tenaga 143-155 dk. Dijamin siap bertarung head to head dengan Civic 2.0 dan Lancer EX 2.0 GT.

Kabar yang kami terima juga menyebutkan penampilan akan sedikit berbeda dengan Altis 1.8. Bisa saja berupa adopsi body kit untuk memberikan aksen sporty seperti diusung Corolla XRS yang dijual di AS. Informasi lain, Altis 2.0 diklaim memiliki kandungan teknologi tercanggih di kelasnya.

Awalnya, PT TAM berencana untuk menghadirkan Altis 2.0 di awal 2009. Namun situasi perekonomian global yang tidak menentu membuat peluncuran internasionalnya juga diundur ke kuartal kedua. Artinya, baru bisa kita nikmati pada kuartal kedua, atau bahkan ketiga.