Sabtu, November 01, 2008



Robot untuk Orang Super Sibuk

Toyota Motor Corp. bersama lembaga riset Universitas of Tokyo mengembangkan purwarupa robot yang bisa membereskan semua urusan rumah tangga, seperti dilaporkan Kyodo News, Senin (27/10). Robot ini bisa jadi impian bagi orang-orang super sibuk yang tidak sempat membereskan rumah tangganya.

Dalam demonstrasi di Tokyo akhir pekan lalu, robot humanoid setinggi 155 cm dan berat 130 kg memperlihatkan kemampuan membersihkan ruangan, membereskan piring-piring dari meja makan dan meletakkan pakaian di mesin cuci. Robot ini, mampu mengenali benda-benda seperti furniture, dan membersihkan peralatan rumah tangga. Robot ini juga cukup cerdas untuk menganalisa kesalahan yang pernah dibuatnya dan memperbaiki pola perilakunya.

Toyota dan Information and Robot Technology Research Initiative, Tokyo University mengatakan, robot ini dirancang untuk membantu mengatasi masalah tenaga kerja. Berkaitan dengan semakin banyaknya warganegara Jepang berusia lanjut dan rendahnya tingkat kelahiran. Kedua pengembang itu akan terus menyempurnakan robot itu dan berharap dapat memasarkannya sekitar tujuh tahun mendatang.

Robot ini dilengkapi dua tangan, lima kamera untuk mengenali situasi di sekitarnya dan sensor-sensor laser. Robot ini bergerak dengan roda.