Minggu, Oktober 26, 2008


Toyota iQ Diluncurkan di Jepang

Dengan prosesi megah, Toyota Motor Corp. meluncurkan Toyota iQ di Jepang. Dipasarkan mulai 20 November 2008, Toyota iQ ditawarkan mulai 1,4 juta yen, ($ 14.000) dengan target 2500 unit perbulan, seperti dilaporkan AP, Rabu (15/10).

Mobil ultra kompak dengan panjang kurang dari 3 meter ini menjanjikan kualitas, daftar panjang fitur keselamatan dan handling kepada pemiliknya. Mesin 1.0 liter tiga silinder menempatkan iQ diluar teritori minicar Jepang yang mesinnya tidak boleh lebih dari 660 cc.

Toyota membidik fashionable drivers yang bersedia membayar lebih mahal, bukan pecinta mobil kompak kebanyakan. "Kami melakukan revolusi packaging model ini," kata President Toyota, Katsuaki Watanabe. "Dia berada di kelasnya sendiri," tambahnya. Pernyataan itu sekaligus membantah anggapan banyak orang bahwa Toyota iQ adalah rival Smart, mobil mungil dua kursi buatan Mercedes-Benz.

Toyota iQ dilengkapi sembilan kantong udara, termasuk kantong udara tirai di kaca belakang untuk perlindungan benturan belakang yang pertama di dunia. Berdasarkan standar Jepang, iQ mampu menempuh 23 km tiap liter. Inilah mobil dengan efisiensi terbaik di line up Toyota di Jepang diluar mobil hybrid.

Menurut Hiroki Nakajima, iQ's engineer, Toyota melakukan terobosan dalam teknologi mesin, tangki bahan bakar, dan komponen lain untuk mendapatkan ruang lega terutama untuk ruang kaki. Nama iQ terdiri dari huruf ‘I’, kependekan dari "individuality," "innovation" dan "intelligence," serta ‘Q’ untuk "quality."

Saat ini Toyota baru menjadwalkan untuk meluncurkan iQ di Eropa tahun depan, seperti diungkapkan Katsuaki Watanabe. Bila nantinya model ini dipasarkan di USA, Toyota merasa perlu untuk semakin memperkuat perlindungan penumpang belakang dari resiko tabrakan belakang. Salah satu kemungkinan, kata Soichiro Okudaira, managing officer Toyota yang bertanggungjawab pada proyek-proyek mobil kecil, adalah menjadi mobil dua penumpang. Tapi Toyota lebih suka mencari solusi untuk mempertahankan iQ tetap empat kursi.

Sumber: Toyota-Astra Motor