Kamis, November 13, 2008

Pabrik Tundra Beroperasi Lagi

Setelah tiga bulan berhenti beroperasi, pabrik Toyota di San Antonio kembali beroperasi, seperti dilaporkan AP, Selasa (12/11). Pabrik yang memproduksi pickup Tundra ini menghentikan produksinya karena melemahnya penjualan Tundra dan melambatnya laju pertumbuhan ekonomi.

Shift kedua menurut rencana akan beroperasi mulai April 2009 melengkapi shift pertama yang beroperasi mulai Senin. Namun situasi ekonomi yang makin suram menimbulkan keraguan rencana itu bakal terlaksana. Pasar kredit yang makin ketat dan turunnya kepercayaan konsumen akan menahan konsumen mendekati showroom mobil. Penjualan Tundra sudah turun 65% sejak tahun lalu, penurunan terbesar diantara model-model Toyota di USA.

Rencana ekpansi pabrik yang belum jelas itu tidak merontokkan semangat pekerja yang gembira karena penghentian produksi yang pertama di pabrik Toyota di USA sepanjang sejarah ini telah berakhir. Sekitar 2.000 bekerja menyemuti jalur produksi, memasang komponen turuk dan memeriksanya saat akan meninggalkan pabrik. 2009 Tundra pertama berhasil di buat hanya beberapa menit setelah produksi dimulai.

Seperti diketahui, Toyota tidak melakukan PHK terhadap pekerjanya saat pabrik tidak beroperasi–berbeda dengan perusahaan otomotif lainnya-. Toyota malah mengirim pekerjanya mengikuti aneka kursus untuk meningkatkan kemampuan mereka bila tiba saatnya bekerja kembali.