Kamis, Juli 15, 2010

Toyota Rakit Camry di Malaysia

Toyota Motor Corp. menginvestasikan sekitar RM 100 juta untuk memulai produksi mid-size sedan, Toyota Camry di Malaysia. Rencana itu diumumkan distributor Toyota di Malaysia, UMW Toyota Motor Sdn. Bhd, Rabu (14/7). Proses perakitan Toyota Camry akan dilakukan di Assembly Services Sdn. Bhd. di Shah Alam.

Assembly Services adalah salah satu unit UMW Toyota Motor Sdn Bhd yang merupakan joint venture antara Toyota, Toyota Tsusho Corp. dan UMW Corp. Sdn. Bhd.

"Kami akan menginvestasikan lebih dari RM 170 juta untuk mengembangkan Assembly Services dalam tiga tahun kedepan. Kami akan meningkatkan kualitas, otomatisasi dan produktifitas," kata president UMW Toyota, Kuah Kock Heng.

Produksi lokal Malaysia akan dimulai dalam rentang waktu dua sejak saat ini. Dalam pernyataannya UMW Toyota menyebutkan, "Proyek ini merefleksikan dukungan Toyota Motor Corp dan UMW Toyota Motor Sdn. Bhd terhadap Malaysian National Automotive Policy (NAP)." NAP adalah program Pemerintah Malaysia untuk mendorong lokalisasi industri mobil.

UMW Toyota juga berharap proyek ini akan memberi manfaat bagi vendor-vendor lokal dan berkontribusi terhadap industri otomotif Malaysia di masa depan.

Saat ini Toyota memproduksi sedan keluarga paling digemari di seluruh dunia itu di Thailand. Di negeri Gajah Putih itu, bukan cuma Camry konvensional yang dibuat, tapi juga Camry Hybrid. Dari Thailand, Camry diekspor ke sejumlah negara Asean, termasuk Indonesia.

Toyota saat ini merakit Vios di Malaysia dengan local content mencapai 40% dan diharapkan bisa meningkat sampai 50% pada Vios generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar