Jumat, Juli 09, 2010

It\'s All Fun Seputar Indonesia

Release Date : Kamis, 08 Juli 2010
Media : Seputar Indonesia, at page 34, size 1740 mmk
Journalist : wahyus ibarani

TOYOTA Yaris TRD Sportive berhasil memenuhi tiga standar kendaraan kota yang ciamik. Apa ketiga standar tersebut?

Ketika menerima mobil Toyota Yaris TRD Sportivo, citra yang terlintas di dalam pikiran adalah tampang mobil tersebut cukup sangar ketimbang versi-versi pendahulunya. Bahkan, Toyota Yaris TRD Sportivo versi kedua ini jauh lebih macho ketimbang versi yang pertama.

Moncong depannya kian agresif dengan hadirnya lip spoiler hitam dengan desain terbilang atraktif, seperti hendak memeluk jalan. Tampilannya semakin kokoh dengan hadirnya sirip putih yang mengentalkan aroma sporty.

Sideskirt hadir dengan aksen logo TRD Sportivo di pintu belakang sebagai penguat. Sementara, motif velg berubah menjadi palang lima two tone dengan ukuran tetap 15 inci dan berbalut ban 185/60 R15.

Nuansa balap sangat kuat tercium dari buritan. Paling kentara dengan hadirnya diffuser hitam dengan ornamen mata kitting di sudut kiri dan kanan. Sepasang muffler cutter bertengger manis di sudutnya. Sementara spoiler atap menjadi penegas keandalannya saat melaju dengan kecepatan tinggi. Walau minimalis, hadirnya sirip di sudut membuat mobil ini terlihat seksi.

Namun, tampilan tidak cukup membuat mobil ini bisa dikatakan ajip. Saya teringat dengan seorang kawan yang mengatakan bahwa sebuah kendaraan kota perlu memiliki dua hal, selain tampilan yang keren, juga pengendalian dan performa. Yup, Toyota Yaris TRD Sportivo memang sebuah kendaraan kota. Jadi, tidak ada salahnya jika Harian Seputar Indonesia (SI) menguji apakah mobil ini mampu memenuhi kriteria tersebut.

Tidak perlu lama-lama, begitu keluar dari markas Toyota Astra Motor di Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara, SI langsung memacu mobil ini melintasi Jalan Tol Wiyoto Wiyono menuju arah Cikampek.

Waktu itu SI berharap kondisi jalan tol akan cukup padat, tetapi masih memungkinkan untuk bergerak lincah dengan kecepatan cukup tinggi. Saat itu Jalan Tol Wiyoto Wiyono dipenuhi kendaraan umum, mobil pribadi, dan tentunya truk-truk bermuatan besar yang baru saja keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok. Posisi antar kendaraan yang saling menjaga jarak sangat ideal untuk mengajak Toyota Yaris TRD Sportivo ini bergerak lincah.

Hasilnya, berkat dimensi Yaris TRD Sportivo yang hanya 3.740 mm mobil ini lincah bermanuver. Berpindah-pindah jalur secara cepat juga sangat dimungkinkan. Sebab, Toyota Yaris memang memiliki akselerasi awal kuat karena perbandingan final gear yang besar.

Manuver mobil ini ketika pindahan jalur semakin memikat karena dilengkapi suspensi kit depan dan belakang. Pada kecepatan sekitar 60 km/jam dan bergerak zig-zag, pada Toyota Yaris tak ada gejala oversteer dan understeer. Suspensinya masih mampu menahan beban ke depan dan traksi roda pun masih cukup kuat menapak jalan.

Puas bermain-main di jalan tol, SI menguji kemampuan suspensi Toyota Yaris TRD Sportivo di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Kondisi jalan di daerah ini sudah terkenal dengan jalannya yang tak mulus dan penuh lubang.

SI sempat merasa khawatir karena spoiler TRD Sportivo yang membalut seluruh bagian bawah mobil akan berbenturan dengan lubang di sekitar jalan. Namun, berkat bantuan ban yang berukuran 185/60 R15, kekhawatiran itu tidak terjadi.

Jalan berlubang dan tak mulus berhasil diatasi Toyota Yaris TRD Sportivo. Bantingan memang sedikit membuat tubuh bergoyang-goyang, tetapi ayunannya masih belum mencapai tahap membuat lelah alias bikin pegal. Jadi, bisa dikatakan Toyota Yaris TRD Sportivo memang tetap nyaman ketimbang versi pendahulunya.

Namun, ada satu masalah di mobil ini, yakni interior yang terkesan itu-itu saja. Tidak ada perubahan yang signifikan di bagian interior meski sudah diimbuhi TRD. Boleh dikatakan, semuanya hampir sama dengan Toyota Yaris S A/T limited. Untungnya, Yaris ini mengambil DNA dari model yang sebelumnya menjadi flagship itu.

Karenanya, fitur memikat seperti fog-lamp depan, kontrol audio di setir, keyless, dan tombol start/stop tetap disematkan. Senyum pengendara ataupun penumpang di dalam Toyota Yaris TRD Sportivo akan mengembang karena kenyamanannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar