Rabu, Mei 05, 2010

Mencari Jalan Hijau – MobilMotor

Release Date : Senin, 03 Mei 2010
Media : MobilMotor, at page 36-37, size 2160 mmk
Journalist : Afid S.Y. Uno

Efek pemanasan global telah mengubah pola hidup manusia. Desain mobil berwawasan lingkungan sudah tidak bisa ditawar lagi.

Menurut data PBB, transportasi telah menyumbang 17% polutan penyebab pemanasan global. Kesadaran akan hal itu telah ada, dan telah lama para pabrikan merancang produk yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak yang mungkin terjadi. Alhasil, green car dianggap sebagai jalan keluar terhadap ketergantungan pada minyak bumi dan pengurangan emisi. Berbagai teknologi yang berwawasan lingkungan telah diterapkan pada beragam model mobil. Selain mengembangkan mesin-mesin yang lebih efisien, bahan bakar dan sumber energi alternatif pun telah banyak dimanfaatkan. Efisiensi bisa berarti menggunakan seoptimal mungkin kandungan energi yang dikandung bahan bakar, meskipun beberapa di antaranya masih berupa wacana.

Hybrid
Kendaraan hybrid menggunakan dua atau lebih sistem peng-gerak, seperti mesin bensin dan motor listrik, untuk menghasilkan tenaga pendorong yang efisien. Ada pula teknologi hybrid yang menggabungkan mesin Diesel dengan motor listrik, seperti yang dikembangkan Peugeot. Sistem hybrid pun masih terbagi pada sistem hybrid penuh, dan mild hybrid serta plug-in-hybrid.

Sistem hybrid penuh bisa ditemukan pada Toyota Prius, artinya motor listrik sendiri dapat menggerakkan mobil dalam mode EV. Selanjutnya mesin bensin bekerja ketika mobil memerlukan daya tambahan, atau ketika baterai perlu diisi. Ketika mobil berbeban penuh mesin bensin dan motor listrik akan bersama-sama menggerakkan mobil. Pada generasi berikutnya mobil bersistem full hybrid dapat pula memenuhi kebutuhan listriknya melalui instalasi rumah atau stasiun tertentu. Mobil kemudian disebut mempunyai sistem plug-in hybrid.

Pada sistem mild hybrid, motor listrik akan bekerja sebagai tambahan torsi ketika mobil memerlukannya. Seperti cara kerja I MA (Integrated Motor Assist) pada Honda Civic Hybrid.

Pada sistem lainnya justru mesin bakar berkapasitas kecil hanya untuk menggerakkan generator penghasil listrik untuk motor listrik penggerak. Misalnya pada Chevrolet Volt.

Pabrikan kendaraan hybrid saat ini tidak semata-mata menekankan perancangannya pada penggerak agar efisien, tetapi pada berbagai aspek sebuah mobil. Misalnya rancangan bodi yang aerodinamis dengan koefisien hambatan udara (cd) yang kecil, seperti cd di bawah 0,25. Penggunaan bahan yang ringan seperti aluminium pada beberapa panel bodi dan mesin. Ban dengan hambatan gulir rendah, kompresor AC dan power steering yang memanfaatkan listrik, dan sistem rem generatif merupakan inovasi-inovasi yang diterapkan pada mobil hybrid.

Electric Car
Mobil listrik dapat menggunakan satu atau lebih motor listrik jntuk menggerakkannya. Contoh mobil listrik adalah Mitsubishi i-Miev yang telah diperkenalkan sejak 2007 lalu. Untuk mengisi aki sebagai sumber energi, i-Miev mesti di-charge melalui instalasi listrik rumah atau stasiun charging.

Mobil listrik saat ini dianggap sebagai kendaraan dengan emisi nol. Meskipun kenyataannya listrik untuk charging mobil listrik tersebut belum tentu dihasilkan
oleh pembangkit energi yang bebas emisi.

Flex Fuel Car
Flex fuel car mampu memanfaatkan bahan bakar campuran, seperti 15% bensin dan 85% etanol, yang disebut sebagai E85. Etanol sendiri dihasilkan dari biomassa atau bahan yang mengandung pati seperti jagung, dan umbi-umbian, setelah melalui fermentasi. Etanol saat ini menjadi popular sebagai bahan bakar alternatif.

Hidrogen dan Fuel Cell
Kendaraan yang memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar termasuk mobil dengan emisi ramah lingkungan, sebab hanya menghasilkan oksigen dan uap air saja. BMW pernah mengembangkan seri 7 sebagai mobil hidrogen.

Pada kendaraan fuel cell, seperti pada Honda PCX Clarity, hidrogen akan dielektrolisa terbalik sehingga menghasilkan listrik dan air.

Natural Gas
Gas alam adalah salah satu bahan bakar fosil. Jika dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada mesin kombusi, ternyata emisinya rendah. Gas kini dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif, dan di Jakarta telah digunakan untuk busway dan.moda angkutan umum lainnya.

Biodiesel
Saat ini Biodiesel telah pula popular sebagai alternatif bahan bakar. Biodiesel dapat dibuat dari berbagai sumber yang mengandung lemak trigliserida. Biodisel dihasilkan dengan memisahkan lemak tadi, menjadi minyak yang sifatnya setara solar. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan Biodiesel misalnya tanaman jarak pagar, bunga matahari dan minyak jelantah.

Air Powered Car
Air powered car memanfaatkan udara yang dikompresi sebelumnya dalam sebuah tangki, kemudian ditiupkan ke dalam silinder. Tenaganya akan mendorong piston dan memutar crankshaft. Kompresi udara sementara ini baru bisa diterapkan pada kendaraan berukuran mungil.

Mobil Paling Hijau
Sebuah institusi di Amerika Serikat yang khusus mengapresiasi green car telah menetapkan pada 2010 beberapa mobil dengan konsumsi bahan bakar paling irit. Dua di antaranya diraih oleh kendaraan hybrid, yakni Toyota Prius dan Honda Insight.

Hanya menurut institusi tersebut Prius termasuk midsize car sedangkan Insight di kategorikan sebagai small car.

Toyota Prius 2010 tercatat konsumsi BBM-nya di kota 21,6 km/liter, tol 20,4 km/liter, dan kombinasi 21 km/liter. Sedangkan Honda Insight 2010 konsumsi BBMnya di kota 17 km/liter, tol 18,3 km/liter, dan kombinasi 17,6 km/liter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar