Selasa, April 20, 2010

April Bersejarah bagi TOYOTA

Jepang – Memasuki bulan April, ada catatan menarik dari para pendiri Toyota Motor Corporation (TMC). Di bulan inilah atau tepatnya 75 tahun yang lalu, sang peletak pondasi Toyota, yaitu Sakichi Toyoda bersama putranya, Kiichiro Toyoda berhasil menyelesaikan prototype mesin otomotif kali pertama yang diberi nama Type A.

Mesin Type A yang rampung pengerjaannya pada April 1935 tersebut, biaya pengembangannya hanya berasal dari usaha kecil rumah tangga, yang dirintis oleh Sakichi Toyoda, berupa alat pemintal benang. Berkat alat tenun inilah dinasti Toyoda bisa mewujudkan impiannya membuat mobil.

Setahun kemudian atau tepatnya April 1936, mulailah Kiichiro memproduksi secara massal mobil yang pertama, dengan nama A1. Tak hanya mobil, di bulan yang sama juga diproduksi mini truk dengan julukan G1.

Sambutan terhadap produk Toyoda sungguh di luar dugaan. Kedua produk otomotif pertama itu mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Berkat progress yang positif tersebut, Kiichiro pun mendirikan Toyota Motor Corporation Ltd, pada 28 Agustus 1937.

Kiichiro sengaja mengganti huruf ‘D’ pada Toyoda dengan ‘T’, karena dia menginginkan nama Toyota lebih mudah diucapkan pelafalannya. Dengan penyebutan yang mudah, maka Toyota akan gampang melekat pada benak konsumen.

Kini keyakinan Kiichiro menjadi kenyataan. Toyota pun menjadi pabrikan otomotif terbesar di dunia dengan beragam produknya di berbagai negara. (*)

April, Bulan Bersejarah Toyota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar