Rabu, Oktober 14, 2009

Penjualan Mobil Bulan September

JAKARTA, KOMPAS.com — Karena hanya mengandalkan hari kerja efektif selama dua minggu, penjualan ritel mobil Indonesia dari dealer ke konsumen pada periode September kelabu. Hal ini mengakibatkan rekor penjualan tahun ini pada Agustus tidak terlewati.

Bila pada Agustus penjualan ritel mencapai 48.178 unit, penjualan pada September ini diperkirakan sekitar 35.000 unit atau mengalami penurunan sekitar 27 persen. Sampai berita ini diturunkan, data yang masuk untuk ritel baru mencapai 33.699 unit. Menurut sumber Kompas.com, data yang masuk dari produsen baru 75 persen.

Produsen yang belum mengirimkan data, umum, di bawah 10 besar. Kelompok produsen yang sudah mengirimkan data menguasai 95 persen pasar ritel Indonesia, baik kategori mobil penumpang maupun kendaraan komersial (truk dan bus).

Kendati demikian, penjualan selama September bukanlah yang terburuk sepanjang 2009. Penjualan September lebih baik dibandingkan dari Januari, Februari, Maret, dan April. Angkanya sama dengan penjualan Mei 2009, tetapi di bawah penjualan Juni, Juli, dan tentu saja Agustus 2009.

Kendati secara keseluruhan turun, masih ada merek yang mengalami kenaikan, yaitu Isuzu dan Proton. Produk negara tetangga tersebut mengalami kenaikan penjualan dari 248 unit pada Agustus, menjadi 317 unit pada September atau 27,8 persen. Agar lebih jelas, lihat tabel.

Toyota masih tetap mempertahankan posisi pertama meski mengalami penurunan cukup tinggi sebesar 19,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Karena merek lain juga turun lebih banyak, pangsa pasar Toyota selama September justru menggelembung mencapai 43 persen lebih.

Honda, yang hanya mengandalkan mobil penumpang, mempertahankan posisi keempat yang dicapainya mulai Agustus lalu dengan menggeser Suzuki ke posisi kelima. Kendati begitu, dilihat dari total penjualan selama 2009, Suzuki masih tetap di posisi keempat, di bawah Toyota, Daihatsu, dan Mitsubishi.

Satu hal yang menarik, kendati penjualan pada September turun, rata-rata produsen mengatakan bahwa pasar segera pulih pada bulan mendatang. Pemulihan tercepat akan dialami oleh kendaraan komersial.

“Biasanya, kendaraan komersial lebih cepat pulih dibandingkan (kendaraan) penumpang setelah Lebaran. Siapa mau membeli kendaraan barang (komersial) menjelang Lebaran?” ungkap Rizwan Alamsjah, SE, Direktur Penjualan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, ATPM Mitsubishi, yang mendominasi pasar kendaraan komersial di Indonesia.

Penjualan ritel Agustus vs September 2009

Merek

Agustus

September

Total 2009

Unit

%

Unit

%

+/-

Unit

%

Toyota

18.128

36,9

14.623

43,4

-19,3

134.137

39,6

Daihatsu

7.492

15,3

5.868

17,4

-21,6

52.337

15,4

Mitsubishi

6.847

14,0

3.603

10,7

- 47,3

43.606

12,9

Honda

4.553

9,3

3.528

10,5

- 22,5

27.058

8,0

Suzuki

4.231

8,6

3.262

9,7

- 22,9

32.935

9,7

Nissan

2.189

4,5

126

0,4

- 94,2

14.055

4,1

Isuzu

1.111

2,3

1.234

3,7

+11,0

9,446

2,8

Hino

1.121

2,3

704

2,1

-37,1

8.935

2,6

Ford

1.691

3,4

393

1,2

-76,7

4.923

1,5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar