Rabu, September 16, 2009

Metode Produksi Toyota Bantu RS Tekan Biaya


Toyota Production System bukan saja berhasil membantu banyak perusahaan meningkatkan efisiensi dan kualitas produk, tapi juga dipilih sebagai metode efisiensi Rumah Sakit (RS) di Amerika Serikat.

Pasalnya, reformasi sistem kesehatan Amerika Serikat menuntut RS di seluruh negeri memangkas pengeluaran hingga $ 2,.6 juta per tahun selama sepuluh tahun ke depan. Ini tugas sulit bagi RS karena separuh dari 5.700 RS di sana masih merugi.

Sejumlah metode dipakai untuk memangkas pengeluaran, diantaranya Toyota Production System seperti ditulis USA Today, Jumat (10/9).

New York City Healt and Hosptials Corp. (HHC), jaringan 11 rumah sakit di New York berhasil menekan biaya setelah memakai sistem just-in-time inventory dari Toyota Production System.

Menurut Alan Aviles, CEO New York City HHC, sebelum menggunakan metode just-in-time inventory, total inventory sebelas RS itu mencapai $ 10,2 juta. Barang itu menumpuk di gudang yang sangat luas. Beberapa barang bahkan sudah expired sebelum dipakai. Sejak berpindah menggunakan metode dari Toyota, pasokan barang tiba saat dibutuhkan, lima hari dalam seminggu, yang mengurangi stok hingga separuh dan menghemat one-time windfall $ 5 juta.

HHC pernah punya stok 20 jenis sarung karet berbeda warna dan ketebalan, kini mereka hanya menyimpan dua jenis saja dan bisa menghemat $ 4 juta setahun, hanya untuk sarung tangan saja.

Delnor Hospital di Geneva, Illinois berhasil menghemat $ 80 juta setelah menerapkan lean management yang asalnya dari Toyota. RS ini jadi pilihan banyak ibu untuk melahirkan. Karena makin banyak ibu yang melahirkan di sana, pihak RS menganggarkan $ 80 juta untuk perluasan.

Namun konsultan lean management yang membantu pihak manajemen RS, melihat bahwa pasien menunggu berjam-jam setelah mereka sebenarnya siap untuk pulang. RS kemudian menugaskan perawat membantu ibu-ibu untuk pulang dari RS, yang memangkas waktu tinggal pasien hingga 10 jam. Hasilnya, rencana perluasan senilai jutaan dollar itu tidak diperlukan lagi.

Dr Patricia Gabow, CEO Denver Health yang menyediakan layanan kesehatan untuk 25% warga Denver, mulai memakai Toyota Production System sejak empat tahun lalu. Hasilnya, Denver Health bisa menghemat $ 27 juta untuk pasokan barang-barang medis dan meningkatkan produktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar