Kamis, Juli 09, 2009

Pertama di Dunia: Kapal Kargo dengan Sel Surya


Efisiensi jadi urat nadi seluruh proses produksi Toyota Motor Corp. Mobil-mobilnya jadi acuan dalam hal efisiensi penggunaan bahan bakar dan emisi polutan. Pabrik-pabriknya memanfaatkan semua teknologi yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi. Dan kini Toyota memperluas upayanya untuk meningkatkan efisiensi dengan menguji coba kapal kargo yang dilengkapi panel sel surya.

Kapal kargo- jenis kapal dengan ukuran paling besar, selain super tanker, diidentikkan dengan kapal yang tidak ramah lingkungan. Asapnya sangat beracun dan konsumsi bahan bakarnya sangat boros. Kapal kargo raksasa berlayar menembus samudera melintasi antar benua.

Salah satu kapal kargo Toyota berbobot 60.000 ton yang bisa membawa 6.200 mobil sekali angkut dan secara teratur mengangkut mobil-mobil Toyota, Lexus dan Scion dari pabriknya di Jepang ke Los Angeles. Kapal ini juga membawa Toyota Prius, mobil hybrid paling ramah lingkungan saat ini.

Seperti kapal kargo lainnya, emisi gas buangnya juga tinggi. Tapi sejak tujuh bulan lalu, Toyota memasang 328 panel sel surya di dek paling atas. Rangkaian sel surya ini merupakan bagian dari pengujian untuk mengetahui apakah sistem ini bisa bekerja efektif di kapal kargo pengangkut mobil. Sejauh ini cukup bagus, tidak ada satupun persoalan yang muncul sejak dipasang Desember lalu.

Hebatnya lagi, para insinyur di Toyota Jepang berhasil menciptakan panel sel surya yang efisiensinya tiga kali lebih tinggi dari panel sel surya yang ada sekarang. Artinya dengan luas panel sel surya yang sama, produksi listriknya tiga kali lipat. Pada kapal yang memiliki luas dek terbatas, keunggulan itu tentu sangat berarti.

Menurut Taciuc Dorin, mechanical engineer kapal kargo tersebut, panel sel surya bisa memenuhi seperempat kebutuhan energi kapal. Panel sel surya bisa memasok 500kW energy listrik. Tapi untuk tahap awal pengujian ini, lebih fokus untuk melihat apakah kondisi laut terlalu berbahaya untuk memproduksi listrik langsung di atas kapal.

Sejauh ini hasil pengujian di nilai sukses. Dalam tujuh bulan sejak Auriga Leader -nama kapal itu- dipasang panel sel surya, tidak ada kejadian mengejutkan seperti putusnya jaringan karena air laut yang menyusup ke sistem.

Percobaan ini yang pertama di dunia dan belum pernah ada kapal kargo yang melakukan pengujian seperti ini. Tapi di yakini, kelak akan lebih banyak kapal kargo yang memanfaatkan energi listrik dari matahari untuk meningkatkan efisiensi energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar