Jumat, Maret 20, 2009

Toyota Targetkan Kuasai 28 Persen Pasar Hatchback

Release Date : Selasa, 17 Maret 2009
Media : Republika, at page 13, size 675 mmk
Author/Journalist : dya
Source : Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan

"Rasanya porsi Yaris tahun ini pasti turun. Ya, target kita 500 sampai 800 unitlah kira-kira untuk New Yaris per bulan," kata Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan, usai peluncuran New Yaris, di Jakarta, Senin.

Secara total, ia mengatakan, TAM menargetkan penjualan di tahun 2009 ini mencapai 150 ribu unit kendaraan. Target itu memang lebih kecil dibanding tahun 2008, karena memang pertumbuhan otomotif Indonesia diprediksi mengalami penurunan hingga 30 persen di tahun 2009 ini.

"Februari saja sesuai dengan prediksi penurunannya 33 sampai 34 persen," ujar Johnny.

Ia mengakui market share Yaris di segmen hatchback Tanah Air tahun 2008 lalu mengalami penurunan. Jika di tahun 2007, Yaris menguasai sekitr 28 persen pangsa pasar kelas ini, maka tahun lalu turun menjadi 23,8 persen.

Johnny menjelaskan penurunan pangsa pasar tersebut lebih karena segmen pasar ini berkembang dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasar otomotif di segmen hatchback pada tahun 2008, menurut dia, mencapai 57 ribu unit. Namun, tahun ini diperkirakan sekitar 40 ribu unit. "Untuk tahun ini sulit rasanya memprediksi berapa segmen pasar ini. Rasanya akan banyak yang lari ke mobil-mobil dengan harga terjangkau, irit BBM."

Dengan peluncuran New Yaris ini, Johnny optimistis mampu menguasai pasar antara 25 hingga 28 persen. "Dengan produk kami yang memiliki berbagai keunggulan, target pangsa pasar itu akan kami capai," ujarnya.

New Yaris dibandrol antara Rp 174,35 juta hingga Rp 207,5 juta. Johnny optimistis pecinta Yaris yang notabene adalah kaum muda mampu membelinya.

Di sisi lain TAM telah mengekspor aksesori untuk New Yaris ke Thailand menyusul mulai dipasarkannya kendaraan tersebut di Indonesia. "Kalau New Yaris-nya sendiri memang produk impor, dia CBU (completely built up) namun dengan desain modif ikasi asli dari kreativitas anak bangsa."

Karena itu, ia mengaku senang telah diberi kepercayaan untuk memproduksi aksesori-aksesori dari New Yaris ini untuk diekspor ke negara-negara regional ASEAN.