Selasa, Desember 09, 2008



Toyota Highlander 2.7 Liter

Toyota terus memberi solusi bagi pecinta SUV dengan menyediakan mesin-mesin baru yang lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan namun tetap perkasa. Pekan lalu Toyota Motor Sales USA secara resmi mengumumkan manufacturer's suggested retail prices (MSRP) untuk SUV Highlander yang menggunakan mesin empat silinder terbaru berkapasitas 2.7 liter.

Lebih efisien dan bertenaga, plus sederet panjang fitur-fitur safety dan kenyamanan, model ini ditawarkan dengan harga mulai 25,705 US dollar, termurah dari semua varian Highlander. Sebelumnya Toyota sudah mengumumkan harga Highlander V6 (mulai 27.600 US dollar) dan Highlander Hybrid (mulai 34,700 US dollar).

Di kelas mid-size SUV, Toyota Highlander 2.7 liter menjadi salah satu SUV paling efisien. Menurut EPA (Environmental Protection Agency), konsumsi bahan bakarnya 20/27mpg kota/tol (22mpg gabungan). Sedangkan emisinya digolongkan Ultra Low Emission Vehicle (ULEVII).

Produksi tenaganya juga mengesankan dengan getaran dan deru lebih rendah. Daya maksimalnya 187hp, sedangkan torsinya 186 lb-ft. Transmisinya juga baru, 6-speed automatic transmission yang di kontrol secara elektronik (ECT-i). Inilah transmisi baru paling ringan dan paling ringkas dikelasnya. Transmisi baru ini menghasilkan perpindahan gigi sangat halus dan senyap. Transmisi ini juga membantu akselerasi Highlander. Pengujian internal menunjukkan hasil impresif. 0-60mph dicapai dalam waktu 9.7 detik, atau hampir satu detik lebih cepat dari kebanyakan mid-size SUV empat silinder lainnya. Towing capacity-nya 3500 pounds.

Toyota melengkapi semua Highlander dengan daftar fitur safety komprehensif yang disebut Toyota Star Safety. Meliputi, Vehicle Stability Control, traction control, anti-lock brakes, Brake Assist, dan Electronic Brakeforce Distribution. Juga Active Headrest pelindung tulang leher pengemudi dan penumpang saat benturan dari belakang. Plus, sistem monitor tekanan udara ban dan tujuh kantong udara (dua di depan, dua disamping, dua airbag tirai dan kantong udara untuk lutut pengemudi).

Fitur-fitur lain adalah sistem audio AM/FM/CD dengan enam speaker, kursi pengemudi yang bisa diatur, cruise control, multi function keyless entry, manual tilt and telescopic steering wheel, dan banyak lagi. Model ini dipasarkan mulai Januari 2009.