Sabtu, Juni 25, 2011

GRMN Sports Hybrid Concept II


Toyota akan memperkenalkan sport-car concept terbaru akhir pekan ini di lomba ketahanan 24 Hours of Nürburgring yang disebut GRMN Sports Hybrid Concept II. GRMN adalah kependekan dari Gazoo Racing Meister of Nürburgring. Gazoo Racing adalah rumah modifikasi Jepang yang sering diajak Toyota untuk mempersiapkan mobil balapnya sebelum turun di sirkuit.


Tahun lalu saat Lexus LF-A turun di 24 Hours Nurburgring, juga bekerjasama dengan Gazoo Racing. Sementara Meister of Nürburgring adalah penghormatan untuk chief test driver Toyota, Hiromu Naruse yang tewas dalam kecelakaan di Nurburgring tepat setahun lalu (23 Juni 2010).


GRMN adalah roadster dengan sistem penggerak all-wheel drive menggunakan teknologi hybrid. Mesin diposisikan di tengah yang membuat distribusi beban menjadi ideal dan handling maksimal. Sports car dua kursi ini digerakkan mesin 3.5 liter V6 bensin yang bisa memproduksi 245hp yang memutar roda belakang. Sementara motor listrik dengan daya 295hp (wow!) memutar roda depan. Akselerasinya 0-60mph dalam waktu 4.5 detik.


Beratnya tidak lebih dari 1485kg dengan panjang 4351mm, lebar 1890mm. Kombinasi power train dengan bobot dan dimensi itu, menjanjikan penggendaraan yang menggairahkan, menyenangkan dan merupakan satu step lebih maju dalam pengembangan teknologi hybrid Toyota yang terus menerus.


Jika anda perhatikan ada angka II di ujung namanya. Karena sebenarnya Toyota sudah pernah menciptakan yang pertrama. Diluncurkan Januari 2010, model ini menggunakan sasis generasi terakhir Toyota MR2. Saat itu hanya tampilan luarnya saja yang baru.


Toyota tidak menjanjikan mobil konsep ini akan berevolusi menjadi mobil produksi. Namun ada baiknya di tunggu saja. Barangkali Toyota MR2, roadster mungil berkursi dua dan bermesin tengah yang pernah populer di Amerika Serikat antara 1984 – 2005 akan bangkit kembali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar