Minggu, November 14, 2010

Release Date : Kamis, 11 November 2010
Media : Otomotif, at page 23, size 1025 mmk
Journalist : Anton

Turun berlaga dalam sebuah kontes audio kategori SQ (Sound Quality), bukan cuma dituntut kepiawaian sang instalatur semata, namun mental si pemilik mobil itu sendiri juga mesti berani. Artinya, mampu menghadapi kondisi apapun, baik jika kalah maupun menang.

Sepertinya mental dan kepiawaian setting sistem audio sudah dimiliki Ayang Tata, instalatur sekaligus pemilik Toyota Alphard tipe V ini, kala berlaga di kontes audio pada gelaran Accelera Auto Contest 2010 di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Terbukti dengan keberanian Ayang, sapaan pria asal Rantau Prapat, Sumut ini, untuk meladeni semua kelas yang tersedia. "Awalnya saya cuma niat turun di kelas SQ 15 juta Open. Karena menang di kategori ini, juri menantang saya untuk naik kelas ke tingkat yang lebih profesional, SQ 30 juta. Di kelas ini juga dapat juara, sekalian aja saya turunkan di kelas jawara, SQ 60 juta," tuturnya dengan nada merendah.

Pasti ada yang spesial dari tata suara di kabin MPV premium lansiran Toyota Motor Corporation itu. Benar saja, saat OTOMOTIF melakukan sesi tes dengar, aura sound quality kental terasa.

Terlihat dari penataan speaker di kabin depan, yang menganut sistem 3-way, pakai produk Scanspeak ring radiator series. Satu lagi yang bikin kesan enggak biasa, yaitu head unit bawaan MPV lux ini digantikan Alpine IVA-W202E sebagai driver utamanya.

Untuk unsur musikalitasnya sendiri, hampir bisa dikatakan mendekati sempurna. Pasalnya tingkat akustik kabin sebuah mobil tidak sesempurna pada sebuah ruangan di rumah atau gedung, meski sudah diberi berlapis-lapis peredam mahal sekalipun.

Meski begitu, efek megah sangat jelas terdengar sampai di kabin belakang. Padahal Alphard 2006 ini bukan versi yang standarnya sudah dibekali speaker full-range pada plafon maupun panel bodi, seperti yang terdapat pada versi terbaru. Anton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar