Rabu, Maret 24, 2010

Modifikasi Offroad Toyota FJ40 1980 – Jip

Release Date : Selasa, 23 Maret 2010
Media : Majalah JIP, at page 88-89, size 2160 mmk
Journalist : Catur Wibowo

Kompetisi off-road di Indonesia kini sudah mewabah di Kawasan Timur. Bahkan di provinsi Papua sudah ada kompetisi off-road yang digelar secara rutin. Salah satunya di kota Sorong yang dimotori oleh Sorong Jip Society (SJS).

Seringnya kompetisi digelar, secara tidak langsung membuat komunitas pecinta off-road pun makin membludak. Dari yang sekadar main-main, lama kelamaan mulai menekuni dengan serius. Salah satunya Tommy KS, off-roader asal Sorong yang aksinya makin 'garang' di trek kompetisi. Awalnya pria yang akrab dipanggil Bang Tommy selalu turun dengan Mitsubishi L200-nya. Meski tak pernah lepas dari podium, pengusaha jasa laut inipun mulai melirik Toyota FJ40. "Sepertinya lebih kuat jika diajak main off-road yang treknya lebih ekstrem." ujarnya. So., pasti bos! Hehehehehe....

Sayangnya harga Toyota FJ40 di Papua laksana emas. Lantaran jip buatan Toyota ini memang terbukti ampuh, andal dan kuat untuk jasa angkutan darat. Tetapi kesabaran berbuah manis. Tak diduga, Bang Tommy ketemu FJ40 yang hendak dijual. Untungnya lagi jip ini sudah 75% rampung dibangun. "Jadi tinggal menyelesaikan sedikit lagi,"senyum Bang Tommy.

Lucunya beberapa part yang dipasang di FJ40 ini adalah hadiah kemenangannya di beberapa ajang kompetisi. Salah satunya winch elektrik T-Max seri 9.500. Sang Putra Fajar pun kini makin disegani di trek off-road.

Mesin 2F asli 4.230 cc terasa beda tenaga dibanding diesel L200nya. "Meski mesin tua tapi powernya hebat." Tak banyak ubahan cukup diservis ulang.

Gardan depan-belakan tetap memakai OEM Ti FJ40 bawaan. Biar kuat batang gardannya di reinforce. Melindungi benturan ke depan, dipasang pelindung gardan dari pelat borders. Gardan belakang disusupi dengan Air Locker ARB.

Winch T-Max 9500 ini salah satu bukti keperkasaan Bung Tommy di arena kompetisi. "Daripada winch nganggur, lebih baik pasang aja di FJ40 ini."

Pelat bordes aluminium memang gampang didapat di Sorong. Maka dasbor asli pun diganti dengan bahan ini. Fungsinya untuk menempatkan beberapa meter indikator berikut switch locker dan lampu.

Sepanjang bodi depan diselimuti dengan rollcage. Sedangkan bagian dalam masih pula dipasang rollbar.

Per daun FJ40 bikinan Rancho dipasangkan dengan 4 buah sok-breker Rancho RS 9000 untuk depan dan 2 buah di belakang.

Pelek beadlock custom berpasangan ban Super Swamper 34 x10.5 x 15.

Jok fiber Racing Style Custom dibungkus sendiri dengan kulit imitasi paduan warna biru dan merah. Ketebalan busa bisa disesuaikan keinginan. Mulai serius di ajang kompetisi, perlu dipasang safety belt merek Schroth 4 titik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar