Kamis, Juli 30, 2009



Polisi di kota Humberside, Inggris memutuskan membeli satu unit Lexus IS-F untuk tugas-tugas pengejaran di jalan raya.

"Tapi keputusan untuk membeli jauh dari mudah dan melibatkan riset dan saran dari fleet manager, financial manager dan pakar-pakar vehicle dynamic," kata sersan Mike Peck dari Humberside Police Roads Crime Section.

Lexus IS-F memang bukan mobil sembarangan. Dikembangkan di sirkuit Fuji di bawah pengawasan Akio Toyoda yang kini menjadi orang pertama di Toyota Motor Corp. Menggunakan mesin sepuluh silinder dengan konfigurasi V yang total kapasitas ruang bakarnya mencapai 5,0 liter. Mesin itu bisa membawa sedan ini melesat dari diam ke 100 km/jam dalam 4,8 detik dan kecepatan maksimalnya 270 km/jam.

"Mobil Lexus ini sudah diuji selama 12 bulan bersama mobil serupa dan bisa membuktikan dirinya sebagai pilihan ideal karena memiliki sasis yang memberi keamanan dinamis pada kecepatan tinggi sekaligus platform stabil untuk perangkat elektronik," katanya.

Mobil ini nantinya akan bertugas sebagai mobil pemburu kejahatan di jalan raya. Lexus dipilih setelah terbukti bisa beroperasi dalam kecepatan tinggi dalam waktu lama.

"Mobil ini memberikan paket terbaik dan tak bisa dipungkiri menjadi salah satu mobil polisi paling canggih di dunia yang memungkinkan petugas polisi menghadapi para penjahat yang menggunakan jalan raya untuk melakukan kejahatan serius dan kelompok-kelompok kriminal terorgansir," pungkas Sersan Peck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar