Sabtu, Mei 14, 2011

Penjualan SUV tergerus
Pasar SUV pada April turut tergerus seiring dengan penurunan penjualan domestik yang terpukul pasokan dari Jepang. Penjualan SUV pada bulan lalu tergerus 25,5% dibanding Maret 2011 yang mencapai 5.054 unit. Pangsa SUV bulan lalu 5,77%, sedangkan low SUV 5,44%. Sementara pangsa MPV 11,94% dan low MPV 31,7% yang masih menjadi tulangpunggung pasar Indonesia. " Growth - nya fluktuatif tetapi stabil karena kompetitor SUV adalah tetap MPV baik se - kelasnya maupun mini MPV dan hatchback seperti Jazz, Yaris, " kata Fajar Harianto, Manager General Motor. Pada bulan lalu Honda CRV sebagai pemimpin pasar di segmen SUV di tanah air dengan penjualannya 995 unit, turun dibanding Maret sebesar 1.741 unit.
(Sumber : Bisnis Indonesia, Jumat, 13 - 5 - 2011, hal 10)

Peugeot rilis varian baru
Peugeot meluncurkan varian baru Peugeot 207 dengan transmisi otomatis untuk memperkuat pasar sedan dengan target 100 unit. Constantinus Herlijoso, CEO Astra International Peugeot mengatakan tahun ini penjualan ditargetkan 240 unit dengan kontribusi dari sedan 207 sebanyak 100 unit. " Potensi penjualan sedan 207 ini cukup besar, " jelasnya saat peluncuran Peugeot 207 sedan kemarin.
(Sumber : Bisnis Indonesia, Jumat, 13 - 5 - 2011, hal 10)

KIA bidik 1.000 unit Sportage
KIA Mobil Indonesia membidik penjualan 1.000 unit dari varian SUV terbarunya All New Sportage untuk mendukung pencapaian target penjualan pada tahun ini sebanyak 10.000 unit. Direktur Pemasaran PT KIA, Hartanto Sukmono mengatakan selama ini permintaan pasar Sportage cukup tinggi dengan penjualan 2.100 unit. " Sportage terbaru ini memiliki 2 pilihan yaitu automatic 6 percepatan dibanderol Rp286 juta dan 5 percepatan manual seharga Rp249,5 juta (on the road Jakarta) yang seluruhnya ditargetkan terjual sebanyak 1.000 unit, " kata Hartanto.
(Sumber : Bisnis Indonesia, Jumat, 13 - 5 - 2011, hal 10)

Indeks berpeluang menguat
Kemarin IHSG melemah 0,77% (29,43 poin) ke 3.808,71. " Penurunan IHSG kemarin disebabkan investor merealisasikan keuntungan dan digerakkan oleh bursa regional, tapi sentimen domestik masih positif, " kata Pardomuan kemarin. IHSG berpeluang menguat dan bergerak di kisaran 3.780-3.850 didukung oleh fundamental perekonomian dalam negeri dan masih tingginya animo investor asing. Sementara kemarin rupiah terapresiasi 0,12% (10 poin) menjadi 8.536 per US$.
(Sumber : Bisnis Indonesia, Jumat, 13 - 5 - 2011, hal 1)

Kamis, Mei 12, 2011




Toyota Pilihan Utama Afro-Amerika


Brand apa yang paling populer di diantara orang-orang Amerika keturunan Afrika sepanjang tahun 2010? Studi R.L. Polk menunjukkan, Toyota jadi pilihan utama bagi kelompok ini.


Menurut studi itu, dari total mobil yang dibeli kelompok ini (641.090 unit) tahun lalu, 15 persen diantaranya adalah Toyota. Ford diposisi kedua (11,7%) disusul Chevrolet (11,4%), Honda (11,3%)and Nissan (10,2%). Total lima besar ini meliputi hampir 60% dari total mobil baru yang dibeli golongan ini.


Biro Sensus Amerika Serikat memprediksi populasi African-American akan tumbuh hingga 25% pada 2030. Dan kelompok ini tumbuh paling cepat dibandingkan etnis lain. Yang menarik, tahun lalu kemampuan membeli mobil kelompok ini tumbuh signifikan dibandingkan etnis lain yang mencapai 68% sementara etnis lainnya 6.8%.


Toyota sudah berhasil menangkap peluang ini, sementara yang lain baru mulai menyeleraskan strategi marketingnya




Rahasia Salon Mobil


Membersihkan mobil di akhir pekan seperti sudah jadi ritual bagi sebagian orang. Selain mobil bersih, badan juga segar. Tapi kadang terselip kecewa di hati, sudah berkeringat, hasil belum maksimal. Jangan putus asa, ayo curi rahasia salon mobil mendandani kliennya.


Rahasia pertama, saat membersihkan interior, mulailah dari area pengemudi. Simpel saja alasannya. Begitu mobil akan digunakan/dipindahkan, area ini sudah beres.


Rahasia kedua, kaca jendela dibersihkan belakangan. Ini mencegah kaca kotor lagi saat membersihkan bagian lain seperti panel pintu dan plafon. Saat membersihkan kaca, pertamakali turunkan kaca sedikit sehingga bagian atas kaca bisa di bersihkan. Lalu tutup sepenuhnya dan cuci seluruh bagian jendela.


Rahasia ketiga, jangan sekali-kali membersihkan plastik bening yang menutup panel meter karena cairan pembersih bisa meninggalkan noda yang susah hilang.


Rahasia keempat, Jika karpet sangat kotor dan banyak yang terselip dilipatan dan daerah yang sulit dijangkau, lepas saja kursi dan keluar dari interior.Dengan cara ini kotoran-kotoran yang terselip lebih mudah dibersihkan. Area-area yang sebelumnya diabaikan bisa dibersihkan.Hati-hati dengan kabel-kabel di bawah kursi. Jika colokannya bisa dilepas, dilepas saja.Tentu saja saat kursi dipasang jangan lupa dicolokin lagi.


Rahasia kelima, bersihkan kompartemen mesin sebelum mencuci kendaraan sehingga gemuk dan kotoran ikut hanyut saat mobil di cuci. Lapisi fender dengan kain/handuk untuk mencegah bercak dan goresan yang mungkin terjadi ketika menggunakan pembersih yang kuat. Hati-hati dengan modul elektronik, jangan sampai tersiram air. Cukup lap basah.


Most Valuable Auto Brand


Toyota Motor Corp. kembali meraih posisinya sebagai most valuable auto brand setelah nilainya meningkat 11% menjadi $ 24,2 miliar dalam daftar BrandZ Top 100 yang dirilis tiap tahun. Toyota menggeser merek mobil mewah BMW yang tahun lalu berada di posisi pertama.


Dari hasil survei itu diketahui, kampanye recall tahun lalu ternyata tidak menciderai kepercayaan konsumen terhadap produsen otomotif terbesar di dunia ini. "Toyota sangat dipercayai konsumen sebelumnya recall dan perusahaan akan kembali mendapat kepercayaan jika melaksanakan hal itu dengan bertanggungjawab, sesuatu yang dilaksanakan Toyota dengan sungguh-sungguh," kata Peter Walshe, global brand director yang merilis daftar itu. "Itu menunjukkan ketahanan merek ini."


Sebelumnya Toyota selalu menjadi most valuable auto brand berturut-turut sejak 2006 - 2009.


Dibawah Toyota dan BMW ada lagi merek mobil mewah dari Jerman juga yaitu Mercedes-Benz yang mengambil posisi Honda setelah brand value-nya naik 12%. Milward Brown menilai brand equity berdasarkan interview terhadap lebih dari 1 juta konsumen di seluruh dunia dan menganalisi kinerja finansial dan bisnis dari masing-masing perusahaan