Jumat, April 17, 2009

LIRIK DULU UCAPAN MEREKA

Release Date : Kamis, 16 April 2009
Media : Otomotif, at page 38; 0, size 1000 mmk
Journalist : Iday

Nyaris tak ada satu pun produk Toyota yang luput dari minat konsumen. Termasuk sedan yang sudah mulai lawas ini.Toh, harganya tak beranjak ambruk. Bahkan versi eks taksinya pun diakui calon konsumen masih punya harga tinggi.

Lantas, bagaimana karakter sedan 1.500 cc ini? Berikut pen-dapat beberapa pemilik yang tergabung dalam Toyota Soluna Vios Club (TSVC). Plus minusnya, bisa Anda simak jika saat ini sedang menimang-nimang Soluna. Oya, untuk Toyota Vios, tunggu saja ya pemuatannya.

Paisar Batubara, Karyawan, Soluna 2000
Saya memilih mobil ini karena easy and simple. Untuk karakteristiknya, mesin 5A-FE mudah dipahami. Kelebihannya, mobil ini sangat irit konsumsi BBM-nya. Ada pada angka 1:12 untuk pemakaian normal. Tenaga mesin, standarnya saja sudah oke kok dan lumayan nyaman di-kendarai. Apalagi kalau pelek dan bannya diganti ukuran 185/55-R15.

Kelemahan yang saya rasakan, sistem rem yang kurang baik. Sering bunyi tek-tek dan agak kurang gigit, lalu putaran mesin sering ngedrop sampai putaran rendah sekali. Biar dipakai taksi, saya sama sekali enggak terganggu image tersebut. Wong di luar negeri saja mobil-mobil mewah banyak yang dibuat untuk taksi, hehe-heee...

Jika ingin membeli, saran saya pastikan tidak bekas kebanjiran, efek-nya sangat tidak baik untuk sistem kelistrikan. Yang penting bung, setelah membeli Soluna jangan lupa segera gabung dengan community Soluna untuk menambah wawasan dan pe-ngetahuan. TSVC tempat yang cocok buat Anda bergabung!

Rifki Indrawan, Graphic Design, Soluna 2000

Soluna itu spare parts-nya murah, bensinnya irit, AC-nya dingin dan mudah perawatannya. Harga jualnya juga relatif stabil karena mengusung brand image Toyota. Kelemahan mobil ini kakinya ringkih dan bodinya yang enteng agak kurang stabil di kecepatan tinggi. Ruang fender-nya juga sempit, jadi cukup sulit untuk memakai pelek besar.

Erik Rianto, Mahasiswa, Soluna 2000

Satu, gue pakai Soluna karena harga terjangkau, BBM irit mampus. Dua, menurut gue bodi mobil enteng, barang-barang (onderdil) terjangkau anak muda dan juga girboks lebih enak. Tiga, kalau menurut gue rem Soluna kurang pakem dan juga suspensinya keras. Yah kalau menurut gue itu aja.

Jufran Afriansah, Pelajar, Soluna 2000


Irit BBM dan perawatannya mudah. suspensinya keras, jarum spidometer intermiten alias tidak stabil. Untuk membeli mobil ini, menurut saya pastikan bukan ekstaksi. Lalu periksa kondisi mesin dan kaki-kaki, periksa juga catnya apakah sudah pernah repaint.

Gafar Febriansyah, S.H (Fery), Karyawan, Soluna GLI2002


Soluna desainnya masih menarik, interiornya oke, ditopang electric mirror, central lock dan power window. Jika Cuma punya budget Rp 60-70 juta, ingin mobil Jepang tahun muda, cuma Soluna pilihan terbaik, lainnya mencapai Rp 80 juta.

Dengan brand Toyota, onderdilnya murah. Ada teman membeli satu head lampsaa mencapai Rp 900 ribu lebih. Soluna cuma Rp 400 ribu. Mesinnya jarang rusak, spare part mudah dicari dan sangat mudah mencari spare part copotan eks-taksi.

Kelemahannya, image taksi yang jelek. Sudah tipikal orang Indonesia kan, lebih mengutamakan gengsi. Lalu kualitas bahan di bawah standar dan mudah rusak. Contohnya dudukan head lamp dan handle pintu gampang patah. Bahkan ada teman yang setahun empat kali ganti handle pintu karena patah, hehehe. Suspensi yang terlalu empuk, ini membuat Soluna limbung di kecepatan tinggi.

Awalnya image taksi menggangu, tapi saya orang yang lebih mengutamakan fungsi, kenyamanan dan faktor biaya, sayatetap memutuskan Soluna. Kalau dipikir, perusahaan taksi pasti memilih mobil yang daya tahannya cukup tinggi krn sudah pasti mobil tersebut akan digenjot produksivitasnya siang-malam.

Kalau Anda ingin membeli Soluna, paling mudah cek part yang mudah terlihat seperti lampu-lampu, handle pintu, karena mudah rusak. Bahannya di bawah standar mobil Jepang lain. Cek mesin, apakah ada rembesan oli dan apakah letak parts mesin dan kabel tertata baik. Kalau tidak, pasti sering masuk bengkel.

Cataan dari Rizky Basworo, Ketua TSVC
- Soluna GLi sudah dilengkapi power window, central lock, remote alarm, electric mirror, takometer, pelek alloy, lis bodi samping, sedangkan XLi tidak dilengkapi fitur tersebut.
- Soluna GLI sudah tersedia dengan transmisi otomatis sedangkan XLI tidak tersedia.
- Soluna GLI tersedia warna beige metallic, sedangkan tipe XLI tidak tersedia, tetapi tersedia warna crystal white.

Hingga kini Soluna tipe GLI tahun 2000 memiliki rentang harga di kisaran Rp 60-70 juta dalam kondisi baik.

sumber: Toyota Astra Motor

Kamis, April 16, 2009




Mau Aman di Jalan, Bawa Cairan Penambal Ban

Rabu, 15/4/2009 14:11 WIB

KOMPAS.com — Di beberapa jalan protokol di Jakarta, mungkin juga kota-kota besar lainnya, kerap ditebar "ranjau" berupa paku atau benda tajam yang bisa bikin ban mobil atau motor bocor. Kalau sudah terjadi begitu, tentu sangat menjengkelkan, terlebih musibah berlangsung saat dalam perjalanan menuju kantor atau ada janji ketemu seseorang.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membawa cairan penambal dalam kemasan kaleng yang bertekanan. Jadi, selain menambal, ini sekaligus dapat menambah tekanan angin saat karet bundar mulai kehilangan angin akibat tertusuk benda tajam. Jadi, tak perlu harus menukar ban.

Cairan penambal itu kian banyak beredar di pasaran. Keampuhannya sudah diuji melalui tes dengan metode menggunakan paku. Keempat ban ditusuk dengan paku berdiameter 2 mm dan mobil dijalankan secara normal.

Setelah itu, paku dicabut dan ban kempis. Lalu, diisi cairan sampai habis sesuai petunjuk. Tekanan ban diukur untuk mengetahui performa masing-masing produk dalam mengisi ban kendaraan.



Rabu, April 15, 2009

Bensin Habis Pun Tetap Dilayani

Amerika Serikat – Berbahagialah yang memiliki Lexus HS 250h. Mobil mewah yang akan meluncur pada musim panas di Amerika Serikat ini telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan dan keamanan yang belum ada di versi-versi Lexus sebelumnya.

Fitur tersebut adalah pelayanan Safety Connect. Memanfaatkan jaringan telekomunikasi satelit, pemilik Lexus dapat terhubung dengan call center selama 24 jam sehari penuh. Dengan sistem integrasi telematik seperti Lexus HS 250h, pemilik mobil seakan memiliki pengawal keamanan pribadi.

Pelayanan yang diberikan diantaranya adalah Automatic Collision Notification (ACN), Stolen Vehicle Location (SVL), Emergency Assistance Button (EAB/SOS) dan Roadside Assistance (RA).

Pada pelayanan ACN, ketika mobil mengalami kecelakaan, secara otomotis terkirim sinyal darurat ke call center. Sinyal yang terkirim diantaraya VIN atau identitas mobil serta lokasi kecelakaan. Petugas call center yang terhubung segera dapat melakukan komunikasi dengan penumpang di mobil. Kalaupun tak ada respon dari penumpang bersangkutan, saat itu pula petugas segera menghubungi pelayanan darurat, seperti kepolisian maupun petugas medis terdekat dengan lokasi kecelakaan.

Untuk pelayanan SVL, call center dapat melacak keberadaan mobil ketika tercuri. Lokasi mobil yang hilang segera dikomunikasikan kepada polisi untuk segera diambil tindakan.

Khusus EAB/SOS berbentuk sebuah tombol yang dapat ditekan penumpang mobil ketika berada dalam bahaya. Fungsinya nyaris sama dengan ACN, namun dalam hal ini penumpang masih bisa berkomunikasi dengan petugas call center untuk selanjutnya dicarikan solusi pemecahannya. Yang disesuaikan dengan tingkat bahaya yang dialami penumpang mobil.

Pelayanan RA tetap memanfaatkan tombol SOS. Bahkan disinilah letak keistimewaannya. Jika bensin habis pun, petugas call center akan segera mengirimkan bantuan pengiriman BBM. Tak hanya itu, pelayanan derek, aki soak, hingga penggantian ban pun juga tersedia.

Intinya pemilik Lexus HS 250h benar-benar dimanjakan bagaikan raja. Dengan segala pelayanan Safety Connect, keamanan penumpang maupun mobil selama 24 jam selalu terjaga. (*)




Akankah Passo Sette Dijadikan Penghadang Freed?

JAKARTA - Gemuknya pasar MPV di Tanah Air memang 'menggiurkan' bagi pihak pabrikan mobil mana pun. Tercatat sudah ada Daihatsu, Suzuki, dan Honda. Lantas kapan Toyota?

Daihatsu punya Luxio, meski mirip Gran max, namun banderol harga yang murah membuat mobil ini cukup laris dipasaran. Kemudian ada Suzuki APV Luxury yang merupakan versi lux APV Arena SGX. Dan terakhir, yang sedang diperbincangkan pemerhati automotif, yakni Honda Freed.

Freed yang kabarnya bakal dibanderol lebih dari Rp200 juta ini seolah jadi juara di persaingan MPV.

Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Freddy Sutrisno pun angkat bicara soal booming MPV di Tanah Air. Menurutnya, ke depan akan makin banyak mobil jenis seperti ini.

"Pasarnya sangat bagus di Indonesia, jadi mungkin saja Toyota akan mengeluarkan produk baru MPV mereka," katanya beberapa waktu lalu.

Sayang, pihak TAM masih enggan berkomentar banyak soal rencana mereka bermain disegmen ini. Padahal, jika saja Passo Sette jadi hadir, pasti akan menambah seru persaingan MPV di Nusantara. Freed pun bakal mendapat penantang hebat. Karena bukan rahasia lagi jika selama ini dua pabrikan satu negara itu terus berlomba menjadi yang terbaik di mata konsumen dalam negeri.

Sette dalam bahasa Italia dapat diartikan sebagai tujuh. Dari kata-kata yang digunakan, Toyota memang memfokuskan Passo sebagai kendaraan keluarga. Apalagi Passo Sette menggunakan engine yang relatif "bersahabat", 1.5 liter 3SZ-VE. Mesin ini mampu memproduksi tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm.

Sangat mirip dengan pendahulunya, Avanza, begitu pula untuk faktor konsumsi bahan bakar. Karena Passo hanya membutuhkan satu liter untuk menempuh jarak 15,6 km. Sangat menggiurkan di tengah krisis ekonomi yang sedang terjadi di seluruh dunia ini.

Dari sisi penampilan, Passo Sette mengingatkan kita pada Toyota Kijang Innova. Passo Sette hadir dengan interior yang dilengkapi monitor 7 inci yang mampu memutar cakram DVD. Lebih baik dibandingkan varian teratas Avanza yang hanya dibekali head unit 2 din yang mampi membaca format CD dan MP3.

Tapi, jika melihat spek yang relatif sama dengan Innova dan Avanza, tampaknya Toyota masih enggan melakukan kanibalisasi produk sendiri. Karena biar bagaimanapun Avanza dan Innova masih menjadi raja.

sumber: Autos.ekozone.com



Toyota Indonesia Duduki Peringkat 7 Dunia

JAKARTA - Menurut data yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation, penjualan Toyota di Indonesia pada bulan Februari 2009 berada di peringkat 7 dunia dengan meraih angka penjualan retail sebesar 13.839 unit. Di kawasan Asia Tenggara, posisi Indonesia berada di peringkat kedua dibawah negara Thailand.

Sedangkan pada bulan Maret ini penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 13.458 unit. Sampai periode Maret ini (Jan-Mar 2009), total penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 40.848 unit dan tetap menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif nasional di Indonesia.

Penjualan di dunia

Di bulan Februari lalu, penjualan Toyota di Indonesia berhasil menempatkan Indonesia di posisi ketujuh penjualan terbanyak Toyota di seluruh negara di dunia dengan angka penjualan sebesar 13.839 unit. Hasil ini merupakan sinyal yang baik bagi Indonesia, meskipun saat ini kondisi ekonomi global sedang mengalami gangguan, namun Indonesia masih mampu bertahan di tengah krisis global yang melanda dunia. Oleh sebab itu, Indonesia masih cukup dipandang oleh negara-negara lain sebagai pasar otomotif yang menjanjikan.

"Semoga hasil yang diraih Toyota di Indonesia ini merupakan sinyal positif bagi pasar otomotif di Indonesia, dan TAM terus optimis menghadapi pasar otomotif Indonesia kedepan," ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor kepada okezone, Sabtu (4/4/2009).

Posisi pertama penjualan Toyota di dunia ditempati oleh Amerika Serikat sebanyak 109.583 unit, disusul oleh Jepang (99.816 unit) di posisi kedua dan China (34.988 unit) di tempat ketiga.

Penjualan Toyota di Indonesia bulan Maret

Pada bulan Maret ini, total penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 13.458 unit, dengan kontribusi penjualan terbanyak diperoleh dari Avanza sebesar 7.603 unit dan Kijang Innova sebesar 2.349 unit. Selain itu, hasil yang baik juga diperoleh dari Rush, Fortuner dan Dyna.

Di kelas low MPV, Avanza tetap menjadi yang terbaik dan memimpin di kelasnya dengan angka penjualan sebesar 7.603 unit. Sedangkan di kelas medium MPV, mobil kebanggaan setiap keluarga Kijang Innova berhasil meraih angka penjualan sebesar 2.349 unit. Hasil yang diperoleh Kijang Innova ini sesuai dengan target yang ditetapkan oleh PT Toyota-Astra Motor.

Pada kelas SUV 4x2, Toyota Rush berhasil mencatatkan penjualan sebesar 932 unit, meningkat 61,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Fortuner 4x2 di bulan Maret ini berhasil meraih angka penjualan sebesar 647 unit, meningkat 51,2% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya.

Di kelas SUV 4x4, Toyota Fortuner berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 29 unit, meningkat 81,3% dibandingkan angka penjualan bulan Februari.

Di kelas kendaraan komersial, truk Dyna yang merupakan rekan bisnis terbaik para pebisnis, berhasil mencatatkan total penjualan di bulan Maret sebesar 710 unit. Pertumbuhan Truk Dyna di Indonesia sangat membanggakan, dengan kualitas produk yang baik ditambah dengan layanan berkualitas dari Toyota, menjadikan Dyna sebagai rekan bisnis yang terbaik bagi semua usaha.         ÂÂ

"Hasil di bulan Maret ini merupakan kerja keras dari seluruh elemen yang ada di Toyota, dengan kondisi ekonomi yang penuh tantangan karena dampak krisis global, kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik baik produk maupun layanan kepada para pelanggan setia kami dan tetap optimis terhadap pasar otomotif di Indonesia," ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur TAM

Toyota Urban Cruiser Segera Dipasarkan

Toyota Eropa mengumumkan rencananya untuk menjual SUV terbarunya, Urban Cruiser di Inggris dan Eropa mulai Mei mendatang.

SUV berukuran ringkas ini diposisikan di bawah Toyota RAV-4 yang lebih besar. Target konsumennya adalah mereka yang berusia 30-40 tahun, dengan gaya hidup aktif dan peduli terhadap konservasi lingkungan hidup.

Meskipun berukuran kompak, tampilannya terlihat kekar dan kokoh. SUV sepanjang 3,93 meter ini memiliki rumah roda yang berotot. Kesan tangguh makin kuat lewat pemilihan warna hitam untuk bumper depan dan belakang.

Toyota menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) untuk lampu rem karena memiliki respon lebih cepat dibandingkan lampu biasa dan terintegrasi dengan lampu kabut belakang.

Model ini hadir dengan sistem 2WD (front-wheel drive) dan 4WD. Urban Cruiser 4WD dilengkapi dengan Active Torque Control all-wheel drive system yang bisa mengubah-ubah distribusi torsi antara 100:0 hingga 50:50 antara roda depan dan belakang, bergantung pada kondisi jalan.

Five-seater ini mengunakan mesin 1,.3 liter VVT-i bensin yang bisa memproduksi daya maksimal 100bhp (75kW) dan torsi 132Nm. Pilihan lain adalah mesin diesel 1,.4-liter D-4D AWD yang menghasilkan daya 89bhp (66kW) dan torsi maksimum 205Nm antara 1.800rpm - 2.800rpm. Mesin 1,4 D-4D menjadi mesin dengan emisi CO2 paling rendah di antara mobil-mobil AWD lain, yaitu 130g/km. Kedua mesin menggunakan transmisi 6-speed.

Toyota berencana menjual 25.000 unit pada tahun pertama pemasarannya di Eropa, dimana versi AWD diperkirakan menyumbang 30% dari penjualan itu.

Senin, April 13, 2009

Pemenang Pestahun Baru Periode Bulan Januari 2009

Inilah daftar pemenang Pestahun Baru Periode Bulan Januari 2009.

Hadiah Emas 10 gram

DKI

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

DRS. NURFAIZI

AUTO 2000 JUANDA

2

AGUS ARIWIBOWO

AUTO 2000 KRAMAT JATI

3

PT. PANAIRSAN PRATAMA

AUTO 2000 PLUIT

4

DRA. VERA SUSANTI

AUTO 2000 BEKASI

5

DJAMALSYAM ZULKARNAEN

TUNAS BINTARO

6

SANTOSA

AUTO 2000 KAPUK

7

MUHAMAD MAWARDI

AUTO 2000 SAHARJO

8

DRS. F. A. PURWOKO

AUTO 2000 SUDIRMAN

9

EKO HANDAYATNO

AUTO 2000 KRAMAT JATI

10

AGUS ADJI PURNOMO

AUTO 2000 SAMANHUDI

11

DRS SITI SAPAR DIJAH S.

AUTO 2000 RADIO DALAM

JAWA BARAT

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

SAPIN CARKIYAH

REJEKI TOYOTA CIREBON

JAWA TIMUR

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

TONO HANAFI

AUTO 2000 PECINDILAN

2

ASEP DENI SENJAYA, SE

AUTO 2000 BALIKPAPAN I

SUMATERA

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

ELMAN EDDY PATRA, SH, MH

AUTO 2000 TG. KR. RD. INTAN

Hadiah Trip ke Cina

DKI

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

PT. ESTIKA YASA KELOLA

ASTRIDO BALIKPAPAN

2

IR. RUDOLF CHARLES HOSANG

TUNAS CINERE

3

DRS JURNALIS

AUTO 2000 CILANDAK

4

PT. SCHOTT IGAR GLASS

AUTO 2000 PRAMUKA

5

PT. NATUNA ENERGI INDONESIA

AUTO 2000 PURI KEMBANGAN

6

MUHAMAD MAWARDI

AUTO 2000 SAHARJO

7

DJABBAL KUBAIS

PLAZA KYAI TAPA

8

BEN SIMON

AUTO 2000 MUARAKARANG

9

IR. ADI SUSENO, Msi.

PLAZA TENDEAN

10

DJAMALSYAM ZULKARNAEN

TUNAS BINTARO

11

ADI YUNIANTO

ASTRIDO BALIKPAPAN

12

AGUS SEMEDI SH

AUTO 2000 KRAMAT JATI

13

PT. PANAIRSAN PRATAMA

AUTO 2000 PLUIT

JAWA BARAT

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

IR, VADYO MUNAAN

SETIAJAYA BOGOR

2

DEDI MULIADI NITI ATMADJA

AUTO 2000 CIREBON

3

SAPIN CARKIYAH

REZEKI CIREBON

JAWA TIMUR

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

PT. ANGLOMAS INTERNATIONAL

AUTO 2000 SBY KERTAJAYA

2

DRS. HARI SASMITO

AUTO 2000 MALANG SUTOYO

SUMATERA

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

TRI ASTUTI MURTININGRUM, SH

AUTO 2000 PALEMBANG VETERAN

NEW RATNA MOTOR

NO

NAMA PEMENANG

CABANG/DEALER

1

ANDI KUSNANTO

NASMOCO SLAMET RIYADI SOLO

Minggu, April 12, 2009

Top 10 Mobil Terlaris Sepanjang Masa

Top 10 mobil terlaris. Beberapa model dari merk-merk mobil yang telah berhasil menjual jutaan unit selama masa produksinya. Empat produsen dari Eropa, dan masing-masing tiga dari Jepang dan Amerika. Prestasi yang menakjubkan bagi produsen mobil dimana produknya dapat diserap pasar secara luas.

1. Toyota Corolla

Sejak tahun 1966, ketika Toyota pertama kali meluncurkan Corolla, mobil tersebut telah mencapai sukses yang spektakuler. Setelah sembilan 'generasi' , Corolla tetap yang paling populer di dunia. Laporan menunjukkan bahwa lebih dari 35 juta Toyota Corolla telah terjual sampai saat ini, dan terpilih sebagai mobil bestselling sepanjang zaman. Menurut Wikipedia, satu unit Corolla terjual setiap 40 detik.

2. Ford Serie F


Ford Seri F, adalah mobil paling sukses untuk raksasa pabrik mobil Ford. Ford Seri F, mobil dengan model pick-up truk, telah menjual kendaraan terbanyak di Amerika Serikat selama 23 tahun. Dalam 11 generasi perubahan dan perbaikan, telah terjual lebih dari 29 juta unit dalam 50 tahun perjalanannya.

3. Volkswagen Golf

Bestseller sejak masuk pasar di tahun 1974, Volkswagen Golf adalah mobil paling laris di dunia ketiga. Ia telah melalui lima revisi dan telah melampaui penjualan "sepupunya" yang lebih terkenal, Volkswagen Beetle. Volkswagen Golf disebut telah terjual lebih dari 25 juta unit sampai saat ini.

4. Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle, mobil yang sangat laris sejak 1945, telah terjual lebih dari 21,5 juta unit sampai 2003. Umum dikenal sebagai bug, mobil Beetle mengukir sejarah sejak 1945 dan merupakan salah satu model paling berhasil yang dihasilkan oleh pabrik Volkswagen. Walaupun pada awalnya kritik memprediksi kegagalan total untuk Beetle karena styling yang aneh, mesin yang lemah, kasar, dan tingkat kebisingan tinggi dibandingkan dengan kendaraan modern, mobil tersebut telah membuat sejarah. Wikipedia mengatakan bahwa bug, merupakan bestselling mobil dalam sejarah untuk category satu desain.


5. Ford Escort

Ford Escort dibuat pada tahun 1967 sebagai mobil keluarga. Hingga akhir tahun 1968, mobil telah mencetak prestasi sebagai salah satu mobil terbaik di Amerika Serikat dan Inggris. Dari 1967 hingga 2003, terjual lebih dari 20 juta kendaraan secara global. Ford terus memperluas jangkauan pasarnya dengan empat pintu saloons, estates, vans. Escort kemudian melakukan sejumlah revisi untuk meningkatkan penampilan, performa dan kenyamanan. Ketika Ford Escort diperkenalkan lagi pada tahun 1981, pabriknya menyebutnya sebagai Mobil Dunia atau World Car. Escort terus melakukan serangkaian perbaikan sampai secara perlahan ia mulai hilang dari perhatian konsumen. Pada tahun 2003, akhirnya manufaktur dihentikan.

6. Honda Civic

Generasi pertama Honda Civic tiba pada bulan Juli 1972 dengan 2-pintu, diikuti oleh 3-pintu hatchback pada bulan November 1972. Civic kemudian melalui tujuh lebih revisi dan telah menjadi hit besar di kalangan pecinta mobil. Sampai saat ini telah terjual lebih dari 16,5 juta unit. Mesin 1800cc dengan 130 BHP dan rpm yang agak tinggi di 6300, dan torque di 17,9 kgm pada 4300 rpm, lebih tinggi dibanding dengan Toyota Corolla.

7. Ford Model T

Ford Model T telah berumur 100 tahun. Mobil ini telah menempatkan dunia diatas roda. 1 Oktober 1908 ketika pertama Ford Model T dibuat untuk dijual secara komersial. Merupakan mobil pertama dengan harga murah, produksi massal dengan standar, spareparts yg dapat dipertukarkan. Memiliki 20 daya kuda, empat-silinder mesin dengan kecepatan tertinggi sekitar 45 mil per jam. Assembly line bergerak untuk Model T telah membuat revolusi manufaktur pada tahun 1913. Henry Ford menyebut Model T 'universal mobil.' Pada tanggal 18 Desember 1999, Ford Model T diberi julukan 'Car of the Century.' Sejak 1908 ke 1927, mobil terjual 16,5 juta unit. Dicat hitam karena warna yang paling cepat kering di assembly line, Henry Ford bilang kepada konsumen- Setiap pelanggan dapat minta mobil di cat dengan warna apa saja sepanjang warna itu hitam.


8. Nissan Sunny / Sentra / NET

Nissan Sunny di / Sentra / NET / Tsuru adalah mobil terlaris dari pabrik Nissan dan masih terus diluncurkan sebagai Sentra. Dimulai pada tahun 1966 sebagai Datsun 1000 dan segera menjadi terkenal di seluruh dunia. Telah terjual lebih dari 16 juta dan telah melalui 10 perubahan sejak debutnya.

9. Volkswagen Passat

Volkswagen Passat telah terjual lebih dari 15 juta unit sejak 1973. Passat dibuat secara menakjubkan dengan serangkaian fitur yang biasa tersedia di mobil mahal. Mobil dibangun dengan standar yang biasanya ada pada model mewah.

10. Lada Riva

Lada Riva adalah mobil yang tidak diduga dapat menjadi salah satu terlaris di dunia. Mobil ini telah mencapai status di kultuskan dan sangat populer di Rusia dan Mesir. Pada tahun 1966, kesepakatan antara Fiat dan Soviet ditandatangani pemerintah untuk membuat sebuah pabrik mobil di dekat Moskow. Mobil yang diproduksi di sini adalah Lada Riva. Lada 1200 pertama kali dilihat di Inggris pada 1973 Motor Show dan mengejutkan Eropa dengan harga rendahnya. Kemudian datang berbagai versi yang mempesona para pembeli. Sebagai catatan, Lada Riva telah terjual lebih dari 13,5 juta unit sampai saat ini, meskipun ekspor ke Eropa telah dihentikan pada